Waspada Mesin Mengelitik dan Cara Pencegahannya

Hal yang sering terjadi mesin mengelitik (detonasi). Banyak pertanyaan dilayangkan mengenai “nglitik” ini terutama penyebab dan penanggulangannya. Jangan dianggap sepele, hal ini bisa merusak komponen mesin mobil Anda bila tidak segera diatasi.

Mesin mengelitik pada mobil terjadi ketika bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat dari waktunya, hal ini mengakibatkan piston yang sedang bergerak dari bawah menuju ruang bakar mesin dalam waktu yang sama mendapat gaya tekan dari atas/ruang bakar mesin. Hal inilah yang kemudian terdengar sebagai bunyi “nglitik”.




Nah, untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan/cetane sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk mobil Anda. Untuk petunjuk mengenai hal ini, Anda dapat melihat pada buku manual ketika Anda membeli mobil.

Bahan bakar dengan nilai oktan/cetane lebih rendah akan membuat bahan bakar terbakar lebih cepat sehingga kejadian diatas sangat mungkin terjadi.Lalu bagaimana jika mobil Anda sudah menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan tetapi “nglitik” tetap terjadi?

Hal ini bisa disebabkan antara lain;

Banyaknya deposit/residu di ruang bakar mesin. Selain naiknya perbandingan kompresi, pada saat panas deposit/residu ini yang akan lebih cepat membakar bahan bakar dan udara. Perbaikannya adalah dengan membersihkan ruang bakar mesin.

Waktu pengapian di ruang bakar mesin tidak akurat. Perbaikannya adalah dengan penyetelan sesuai dengan  standar pabrikan. Pihak bengkel Resmi akan melakukan hal ini saat melakukan perawatan berkala mobil Anda. Mesin Overheat, temperatur di atas suhu kerja mesin selain menyebabkan bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat, bisa menyebabkan pemuaian berlebih pada komponen mesin yang akan menyebabkan gesekan antar komponen.



Bahkan saat kondisi seperti ini terjadi, segera menepi ditempat aman dan matikan mesin agar komponen mesin tidak rusak. Kualitas bahan bakar tidak baik, kadang karena sesuatu hal seperti tercampur dengan air atau bahan kimia lainnya menyebabkan penurunan kualitas pada bahan bakar di SPBU. Jika hal ini terjadi, untuk

memastikan kualitas bahan bakar yang dikonsumsi mobil, lakukan pengisian bahan bakar pada SPBU yang berbeda. Jika setelah melakukan pengisian di SPBU berbeda performa mesin membaik, berarti dapat dipastikan penyebab mesin “nglitik” karena kualitas bahan bakar yang tidak baik.

Pengguna HP bisa Langsung tersambung


081398500199

 whatsapp 1

Komentar