Apa Yang Dimaksud Dengan Tune Up Mobil

Karyabakti News

Apa Yang Dimaksud Dengan Tune Up Mobil


Sebuah mobil pada dasarnya adalah mesin, dan dengan demikian, membutuhkan sejumlah perawatan pencegahan dalam rangka untuk terus berkinerja. Tune up mobil adalah kegiatan merawat mobil yang dijadwalkan secara rutin, biasanya setahun sekali, untuk melakukan semua perawatan dan pencegahan yang perlu dilakukan. Memastikan bahwa mobil Anda mendapatkan tune up secara teratur akan membantu menjaga performa mobil dan memperpanjang umur hidupnya.




Sebuah tune up secara umum mencakup penggantian beberapa onderdil pada mobil. Onderdil ini mungkin tampak tidak terlalu penting, tetapi kegagalan untuk menggantikan bagian secara teratur dapat menyebabkan penurunan kinerja pada mobil dan bahkan dapat menyebabkan masalah lain.

Sebagai contoh, filter udara harus diganti setidaknya sekali setahun, kegagalan untuk menggantinya bisa menyebabkan kotor dan akan mengakibatkn mesin kurang mendapatkan udara yang dibutuhkan untuk berjalan dengan baik. Jika masalah ini dibiarkan tanpa pengawasan, campuran udara-bahan bakar akan terus berjalan berlebihan - yang berarti bahwa akan ada terlalu banyak bahan bakar dan udara tidak cukup dalam campuran - dan akhirnya menyebabkan bagian lain bermasalah.

Seperti yang Anda lihat, melakukan tune up secara teratur adalah penting untuk kinerja mobil. TUne up mobil harus melibatkan mengganti saringan udara, mengganti atau membersihkan busi, dan mengganti tutup distributor dan rotor. Sebuah tune up juga dapat mencakup penggantian kabel busi, filter bahan bakar, katup PCV, dan sensor oksigen.

Pemeliharaan yang tidak termasuk dalam tune up dasar juga mungkin diperlukan, agar tune up tahunan sampai memberikan kesempatan yang baik untuk memeriksa sistem mobil, seperti rem dan kopling, semua tingkat cairan dan minyak, dan pengoperasian sistem lain yang tidak digunakan atau diperiksa secara teratur. Jika tune up dilakukan di musim semi atau awal musim panas, sistem pendingin udara harus diperiksa juga.

Sebuah catatan pada mobil baru: kebanyakan mobil baru menggunakan busi platinum, yang tidak memerlukan penggantian cukup sering. Busi platinum sering diklaim mampu bertahan 60.000 sampai 100.000 mil (95.561 sampai 160.934 km), atau bahkan lebih. Busi ini tidak akan perlu diganti pada setiap tune up. Beberapa mobil baru juga menggunakan pengapian elektronik, bukan distributor, dan karena itu tidak perlu tutup distributor baru dan rotor. Untuk sebagian besar mobil, adalah ide yang baik untuk memeriksa panduan manual untuk melihat pemeliharaan apa yang dianjurkan selama tune up.



Pengguna HP bisa Langsung tersambung


08156212814

telpon1234 
 whatsapp 1234

Komentar