CARA MEMBERSIHKAN INTAKE MANIFOLD


Cara Membersihkan Intake Manifold Tanpa Melakukan Bongkar



Karyabakti News:

Mesin mobil adalah kehidupan kendaraan anda. Tanpanya, mobil anda tidak akan berfungsi. Oleh karenanya, pemilik mobil harus lebih berhati-hati dan memastikan bahwa mesin selalu dalam kondisi bersih dan terjaga.




Hal tersebut sangat penting untuk memastikan mesin tetap dalam kondisi terbaiknya.
Seiring berjalannya waktu, endapan karbun, lendir, dan kotoran bisa masuk ke dalam mesin mobil. Hal tersebut akan mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar, dan menurunkan performa mobil secara keseluruhan. Namun di antara semua komponen mesin mobil, ada satu bagian yang sering kali dilupakan (diabaikan). Bagian tersebut adalah intake manifold.

Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa itu intake manifold? Ketika Dokter karyabakti mewawancarai beberapa pemilik mobil, umumnya mereka memiliki tatapan wajah yang bingung dan tak tahu harus menjawab apa.
Nah, intake manifold, juga dikenal sebagai inlet manifold, adalah bagian dari mesin yang berfungsi sebagai jalan keluar untuk udara dan bahan bakar. Fungsi utamanya adalah untuk mendistribusikan secara merata campuran udara dan bahan bakar ke setiap port intake di dalam silinder sehingga mesin akan berjalan.
Bayangkan sebuah mesin uap yang berjalan di atas batu bara. Batubara dibakar di mesin uap untuk memberikan energi kereta dan membuatnya berjalan. 
Proses untuk kendaraan hampir serupa. Asupan intake berfungsi sebagai “area pembakaran” di mana bahan bakar dan udara “dibakar” yang membuat akan mobil Anda bisa bergerak.




Bagaimana Cara Kerja Intake Manifold?



Salah satu masalah terbesar yang mungkin dihadapi pemilik kendaraan adalah intake manifold yang kotor. Ketika ini terjadi, karbon menumpuk dan mengurangi asupan udara. 
Padahal rasio udara dan bahan bakar harus seimbang dan sempurna sehingga efisien dalam penggunaan bahan bakar saat Anda menginjak pedal gas.
asap knalpot hitam. Asap knalpot hitam ini akan menyebabkan polusi udara.
Ketika Engine Control Unit (ECU) mendeteksi bahwa ada lebih banyak asupan bahan bakar daripada asupan udara, ECU akan mencoba menyesuaikan kebutuhan dengan mengambil lebih banyak udara. 
Hal tersebut akan menyebabkan sensor menghasilkan pembacaan yang tidak akurat. Ini akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan hilangnya tenaga mobil (horsepower).
Ketika intake manifold tidak bekerja dengan benar, Anda membakar lebih banyak bahan bakar daripada yang dibutuhkan karena hanya ada sedikit asupan udara. Di sisi lain, Anda membuang lebih banyak bahan bakar karena ada lebih sedikit udara dan tidak membakar bahan bakar dengan benar.
Pemilik mobil harus mulai membiasakan diri untuk segera melakukan pengecheckan kondisi intake manifold ketika menemukan asap knalpot lebih gelap/hitam dari biasanya. Juga sebaiknya segera melakukan pengecheckan ada tidaknya endapan di intake manifold saat konsumsi BBM terasa meningkat drastis.
Jika anda mau dan memiliki waktu, pembersihan intake manifold sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Berikut ini beberapa langkah sederhana bagaimana cara membersihkan intake manifold tanpa melakukan bongkar.

Pengguna HP bisa Langsung tersambung


081398500199

 whatsapp 1





Komentar