PENYEBAB MOBIL ANDA TURUN MESIN 082115000110

Karyabakti News :

Turun mesin atau overhaul merupakan hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan bermotor, karena selain masa perbaikannya yang tidak sebentar, biaya yang dikeluarkannya pun tidak sedikit. Pengertian turun mesin atau overhaul itu sendiri adalah suatu langkah memperbaiki mesin mobil dengan menurunkan serta membongkar mesin untuk diperiksa dengan sangat teliti agar didapatkan data yang valid mengenai kerusakan yang terjadi pada mesin.

Mesin merupakan perangkat utama pada sebuah kendaraan, didalamnya terdapat komponen-komponen vital yang saling berhubungan sehingga bila ada komponen yang bermasalah akan mengganggu kinerja komponen yang lain. Selain itu, kerusakan pada satu komponen dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain pada mesin yang saling berkaitan. Bila kerusakan yang terjadi tetap dibiarkan maka kerusakan semakin meluas dan parah, inilah alasan mengapa mobil anda harus turun mesin.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada mobil kita, ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang menjadi  penyebab mobil harus turun mesin. Menurut bisaotomotif.com, ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil anda harus turun mesin, seperti :

1.  Overheating

Overheating dapat menyebabkan kepala silinder melengkung, hal ini dapat berakibat oli bercampur dengan air yang dapat membuat mesin rusak. untuk memperbaikinya adalah dengan cara melepas kepala silinder dan diratakan, jadi tidak semua mesin dibongkar cukup setengahnya saja atau disebut semi overhaul.

2.  Pelumasan yang buruk

Pelumasan pada mobil memiliki peran yang sangat vital, yaitu melindungi atau melapisi komponen-komponen yang saling bergesekan sehingga komponen terhindar dari keausan dan kerusakan. Untuk itu oli mobil harus diperhatikan kondisinya, jangan sampai telat mengganti apalagi sampai oli mesin habis.

3.  Timing belt putus

Peranan timing belt pada mesin juga sangat penting, karena timing belt-lah yang mengatur ritme buka tutup katup mesin agar selaras sehingga tidak terjadi tabrakan antar komponen. Jika timing belt putus akan sangat berbahaya pada mesin, komponen-komponen didalamnya akan saling bertabrakan dan menyebabkan mobil mogok atau mati.

4.  Mobil kemasukan air atau water hammer

Air dapat masuk ke dalam mesin pada saat mobil melewati genangan atau banjir melalui saluran hisap. Air bukan merupakan zat yang bisa dikompresi seperti udara, sehingga bila air yang masuk ke mesin ditekan oleh piston maka dapat menyebabkan piston menjadi berlubang atau pecah, connecting rod patah, katup bengkok, poros engkol rusak, yang akhirnya mobil menjadi mogok.

Beberapa penyebab mobil turun mesin seperti yang tersebut diatas sebenarnya dapat kita hindari, kuncinya adalah dengan melakukan perawatan rutin dan berkala terhadap mobil kita. Perawatan yang teratur dapat meminimalisir terjadinya turun mesin, bukan hanya itu kerusakan pada bagian yang lain pun juga dapat dihindari. Di Karyabakti Bengkel, historis data kunjungan mobil anda akan tercatat dengan rapi pada vehicle inspection, sehingga kondisi mobil anda akan selalu terkontrol dengan baik. Ingat servis kendaraan, ingat Karyabakti Bengkel



Pengguna HP bisa Langsung tersambung


081398500199

 whatsapp 1


Komentar