Tayangan halaman minggu lalu

Rabu, 28 Agustus 2019

7 TIPS MENJAGA STAMINA MOBIL UNTUK PERJALANAN JAUH

Karyabakti News:
7 Tips Menjaga Stamina Mobil untuk Perjalanan Jauh

Mengecek kesiapan kendaraan sebelum dikemudikan untuk jarak jauh harus dilakukan secara maksimal. Anda tentu tak ingin kendaraan mendadak mogok atau performanya menurun, bukan? Pasalnya, hal itu bisa mengurangi kenyamanan selama perjalanan, bahkan menimbulkan bahaya.
Lantas, bagaimana tips menjaga stamina mobil agar tetap prima? Yuk, simak ulasan di bawah ini.



Mengecek Kondisi Ban :

Ban merupakan bagian yang pasti terkikis karena penggunaan dalam waktu tertentu. Itulah sebabnya, Anda harus mengecek kondisi ban sebelum perjalanan jauh. Terutama, periksa tekanan angin; sesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan.
Selanjutnya, perhatikan alur kembang dan ketebalan ban mobil. Kalau terlihat aus atau menipis, segera ganti dengan yang baru. Tujuannya agar mobil tidak mudah tergelincir ketika melintasi jalan licin atau tikungan.

Terakhir, lakukan tindakan balancing mengatur keseimbangan ban. Rasakan getaran ban; jika sangat terasa pada kecepatan 100 kilometer per jam, tandanya tidak seimbang. Pun bisa ditandai dengan arah setir yang cenderung ke kanan atau kekiri.



Pastikan Rem Berfungsi dengan Baik

Salah satu komponen penentu keselamatan berkendara adalah rem. Sebelum mobil dipakai, Anda harus memastikan level minyak rem sesuai batas minimal. Jika ternyata jumlahnya kurang, berarti ada kebocoran di bagian tertentu.

Minyak rem menentukan kenormalan sistem pengereman saat digunakan. Karena itu, gunakan minyak rem berkualitas. Ciri-ciri minyak yang bagus, antara lain memiliki titik didih tinggi dan mampu bekerja dengan baik walaupun kondisi panas.




Periksa Sistem Pengapian

Mobil Anda tiba-tiba mati ketika sedang dikendarai? Salah satu penyebabnya mungkin kerusakan di bagian pengapian. Nah, hal inilah yang harus dicegah saat melakukan perjalanan jauh. Periksa dengan baik kinerja pengapian di kendaraan; dari mulai komponen busi, kabel, hingga beberapa koil.
Kalau ada komponen yang rusak, segera ganti baru. Jika tidak, hal ini akan berimbas pada kinerja mesin kendaraan. Pasalnya, sistem pengapian menyediakan percikan bunga api untuk aktivitas di ruang bakar mobil.





Membersihkan dan Mengisi Radiator

Tips selanjutnya; bersihkan radiator mobil sebelum digunakan. Jika Anda mengerjakan sendiri, pastikan radiator dalam kondisi dingin. Kemudian, siapkan selang dan air keran bersih di bagian ujung selang. Lalu, tutup menggunakan kain kasa agar kotoran tidak masuk.
Sembari membersihkan, cek kondisi selangnya; pastikan tidak ada kerusakan. Kemudian, perhatikan volume cairan radiator di reservoir. Upayakan volumenya sesuai batas minimal agar mesin terhindar dari suhu panas.




Memastikan Filter Udara Kondisi Baik
Fungsi utama filter udara adalah menyaring partikel kotoran yang bisa menghambat sirkulasi udara di mesin. Jika perputaran udara tidak lancar, ini akan menganggu pengabutan bahan bakar. Karena itu, pastikan saringan udara tersebut tetap bersih sebelum mobil dikendarai untuk jarak jauh.Lampu menjadi penerang manakala Anda melakukan perjalanan di malam hari. Jadi, kondisi lampu mobil harus normal dan menyala terang. Kalau salah satunya terlihat redup atau mati, gantilah dengan yang baru.






Wipper Harus Berfungsi Normal
Komponen wipper tampaknya sepele, tetapi sangat berguna manakala Anda berkendara di musim hujan. Peranti ini berfungsi membersihkan kaca mobil dari tetesan hujan atau cipratan air dari luar. Dengan adanya wipper, jarak pandang pengemudi pun tetap terjaga meskipun jalanan berkabut tebal.
Itulah tujuh tips menjaga stamina mobil supaya performanya prima untuk berkendara jarak jauh. Jangan lupa, jaga kondisi Anda agar tetap fit dan tidak mudah mengantuk. Selain itu, pastikan Anda sudah menggunakan Asuransi Kendaraan Bermotor dari ACA. Asuransi ini menawarkan perlindungan ekstra atas kehilangan, kerugian, ataupun kerusakan kendaraan bermotor. Tunggu apa lagi?











Tidak ada komentar: